Rabu, 16 Mei 2012

Fontrouter (LT dan Man) : Cara merubah Font di Ponsel Symbian 3rd Edition dan 5th Edition (di tes di Nokia E63)

Sepertinya para penggemar aplikasi symbian sudah tidak asing lagi dengan aplikasi perubah font* yang satu ini. Fontrouter termasuk aplikasi perubah font di ponsel symbian yang hebat, walau hasil perubahannya tidak terjadi di semua sisi. Setahu saya aplikasi ini bisa berjalan lancar di OS Symbian 3rd Edition (seperti : 5320, 6120c, 6220c, N78, N79, N81, N82, N85, N86, N95, dan beberapa tipe lainnya) dan juga OS Symbian 5th Edition (seperti : 5230, 5233, 5530, 5800, X6, N97, dan beberapa tipe lainnya). Bagaimana cara kerja aplikasi ini, mari kita bahas lebih lanjut.
*font : file font itu biasanya berformat ttf, bisa di dapat gratis di internet. Atau bisa juga mengambil dari komputer.

Aplikasi ini terdiri dari 2 file installer*, yang pertama Fontrouter LT dan yang kedua Fontrouter Man. Fontrouter LT merupakan aplikasi utama yang bertugas merubah jenis font yang ada di ponsel symbian, sedangkan Fontrouter Man berfungsi sebagai User Interface* Aplikasi Fontrouter itu sendiri. Jadi hanya dengan Fontrouter LT, sebenarnya kita sudah bisa mengganti font, dengan mengedit file system di ponsel. Tapi dengan menginstal Fontrouter Man, kita tidak perlu repot-repot mengedit file system, tinggal pilih font-nya, lalu restart* ponselnya, maka font ponsel symbian kita akan langsung berubah.
*restart : mematikan ponsel, lalu menghidupkannya kembali
*file installer : file yang harus di install di ponsel
*User Interface : tampilan antarmuka di ponsel

Pertama pastikan ponsel sudah di hack atau sudah ada aplikasi signer untuk mensigned file Fontrouter LT dan Fontrouter Man. Kalau belum mengerti cara meng-hack ponsel atau mensigned aplikasi, silahkan browsing melalui google. Karena cara-cara yang pernah saya tulis sangat mengandalkan sertifikat dan key dari OPDA. Sedangkan saat ini sendiri OPDA sedang mengalami gangguan (per tgl 17 agustus 2011), jadi saya sarankan menggunakan http://s60certkey.com atau menggunakan Aplikasi Xstavedore, maaf kalau saya sendiri belum sempat menulis artikelnya.

Kedua, silahkan download file-file yang di perlukan, antara lain :
Download Semua Perlengkapannya disini atau silahkan download contoh font-nya sendiri di http://1001freefonts.com

Setelah itu silahkan install Fontrouter LT dan Fontrouter Man. Akan muncul icon aplikasi Fontrouter di folder aplikasi, jalankan aplikasinya dengan meng-klik iconnya.
Screenshot0043.jpg
Pada tampilan pertama akan ada 2 kolom, kolom pertama adalah Font Location, ini menunjukkan dimana letak file font yang akan kita gunakan. Kolom kedua adalah FontRouter Man, di kolom ini kita bisa mengatur apakah aplikasi akan aktif (enable) atau tidak aktif (disable). Untuk melihat effect yang dihasilkan dari Fontrouter, tiap mengaktifkan (enable) atau menon-aktifkan (disable) aplikasi harus di akhiri dengan merestart ponsel. Setelah ponsel di restart, baru akan terlihat perubahan font-nya.
Screenshot0044.jpg
Untuk merubah/mengganti font, saat masuk Aplikasi Fontrouter, klik Pilihan, lalu klik Open Font, dan tentukan dimana letak file font (berformat ttf) yang akan digunakan. Setelah itu cukup keluar dari aplikasi dan merestart ponsel.

Saat aplikasi di set enable, akan ada beberapa kolom baru yang muncul, antara lain :
Zoom Ratio, setahu saya untuk mengatur besarnya ukuran font.
Chroma, saya kurang tahu fungsinya.
Font Style, digunakan untuk merubah bentuk font antara normal, Italic (miring), Bold (tebal),Bold Italic (tebal dan miring). Effect ini cuma bekerja bila pada font yang digunakan ada font versi italic, bold, dan bold italicnya.
Y adjust, digunakan untuk mengatur letak/posisi font.
Chargapadj, Linegapadj, GDR support, Bitmap type, Fontmatrics, Charmetrics,Loglevel, Zoommaxsize, dan Zoomminsize, saya kurang tahu fungsinya apa. Untuk yang ingin menambahkan keterangan yang kurang, saya persilahkan melalui komentar, nanti akan saya update artikelnya.

Yang perlu diperhatikan adalah jangan menginstall Fontrouter LT dan Fontrouter Man di Memory Ponsel. Karena kadang ada juga file font (berformat ttf) yang corrupt, sehingga saat digunakan di Aplikasi Fontrouter bisa menyebabkan ponsel error dan tidak mau booting. Kalau ini terjadi, cukup cabut Memory Card dan nyalakan ponsel tanpa Memory Card. Saat ponsel sudah menyala, tancapkan Memory Card dan hapus folder font yang ada di Memory Ponsel melalui File Manajer atau bisa juga langsung menghapus aplikasinya. Tapi kalau aplikasi masih bisa di buka, cukup mengganti Font yang digunakan atau menon-aktifkan aplikasi. Ini beberapa contoh hasilnya :
Screenshot0042.jpg Screenshot0040.jpg Screenshot0041.jpg

Semoga artikel ini bisa sedikit membantu. Kalau ada yang perlu ditanyakan tentang aplikasi ini, silahkan tanyakan melalui komentar. Tapi kalau ada hal lain yang ingin di tanyakan, silahkan isi form “Kirim Email” , dan saya akan membalas pertanyaan sahabat melalui email.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar